Keterampilan Komunikasi

Penting! Ini Dia 5 Tips Sakti Elevator Pitch Untuk Para Pengusaha

contoh elevator pitch
contoh elevator pitch

Halo guys! Pernah dengar istilah elevator pitch? Elevator pitch adalah pitching yang dilakukan secara singkat antara 30-60 detik. Bentar banget kan? Maka dari itulah kamu harus benar-benar memanfaatkan waktu berharga tersebut untuk bisa meyakinkan para investor.  Bagaimana caranya membuat investor menerima pesan kamu dengan baik?

Berikut ada 5 Tips Sakti Elevator Pitch Untuk Para Pengusaha yang bisa kamu liat dibawah ini :

1. Be Specific

Ceritakanlah secara spesifik solusi apa yang bisa diberikan oleh bisnis atau perusahaan kamu. Jika banyak, fokuskan masalahnya pada tren sekarang. Tidak usah bertele-tele karena klienmu tidak membutuhkan itu. Bila kamu telah berhasil mendapatkan chemistry dengan mereka maka kamu punya kesempatan untuk menjabarkan lebih lanjut di pertemuan selanjutnya. Kita bisa melihat contoh template elevator pitch milik ebay :

Banyak orang ingin membuang barang bekas mereka, tetapi mereka tidak ingin memberikannya secara gratis. Saya membuat website yang membantu mereka melelang barang bekas ke penawar tertinggi.

2. Tunjukan daya tarik startup kamu!

Sebagai seorang founder kamu harus bisa menunjukkan kelebihan dan nilai tambah bisnis kamu dibandingkan kompetitor. Dengan menonjolkan daya tarik atau unique selling point bisnis kamu, investor akan mengingat produk kamu. Klien kamu pun harus tahu bahwa perusahaanmu sudah tumbuh dan mengalami perkembangan. Untuk lebih jelasnya, yuk kita tonton video berikut ini

3. Show them some numbers

Berikanlah fakta yang terukur dalam waktu singkat. Terkadang kamu juga perlu menggambarkan proposisi angka untuk meyakinkan para klien atau investor kamu misalnya terkait peluang pasar dan keuntungan yang dihasilkan. Pastikan kalau informasi itu penting dan menarik bagi para investor. Selain itu kamu harus mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan agar investor mengetahui kemana saja uang itu akan kamu habiskan. Dengan begitu, investor tahu bisnis kamu dan strategi apa saja yang akan kamu lakukan.

4. Berilah kesan yang baik

Kamu harus memberikan kesan yang baik agar investor mau mendanai bisnis kamu. Caranya adalah dengan bahasa tubuh (body language) yang tenang, senyum yang bersahabat dan sapaan yang ramah agar mereka lebih menghargai kamu. Yang penting kamu bisa membuat pitch yang bagus dan tidak terkesan mengintimidasi atau terintimidasi oleh calon investor.

5. Siapkan amunisi tambahan

Agar lebih meyakinkan investor, kamu memerlukan data dan penelitian lebih lanjut. Mungkin kamu tidak akan langsung memberikannya saat pitching karena waktu yang terbatas. Akan tetapi, saat investor tertarik dan melanjutkan obrolannya dengan kamu tentang data yang kamu dapat seputar industri yang kamu geluti, kebutuhan pasar, dan informasi lainnya tentang startup, kamu sudah mempersiapkan jawabannya.

Kesimpulannya jangan lupa LATIHAN! Tujuannya supaya kita bisa semakin lancar dalam melakukan elevator pitch. Selain itu yang perlu diingat dalam elevator pitch adalah tujuan kita bukan melakukan hard selling. Melainkan hanya melakukan percakapan ringan namun kita dapat menyampaikan pesan dengan tepat. Percakapan timbal balik juga disarankan sehingga klien atau investor merasa lebih dihargai. Inti dari sebuah elevator pitch adalah untuk mendapatkan chemistry dan membuat produk kamu mudah dikenali orang lain.

 

2 thoughts on “Penting! Ini Dia 5 Tips Sakti Elevator Pitch Untuk Para Pengusaha”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *