Teknik Public Speaking

7 Tips Sukses Public Speaking Yang Baik Dan Benar

teknik public speaking
Teknik Public Speaking Yang Baik

Kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking telah menjadi kebutuhan sehari-hari di jaman sekarang. Beragam aktivitas seperti presentasi materi kuliah, seminar, sidang skripsi hingga memimpin rapat dalam pekerjaan membutuhkan kemampuan public speaking yang baik dan benar. Sayangnya sebagian orang merasa takut dan malu saat diminta untuk berbicara di depan umum. Ditambah lagi banyak mitos public speaking yang beredar di masyarakat yang belum pasti kebenarannya. Ini adalah kondisi yang sangat fatal.

Sebenarnya berbicara di depan umum adalah sebuah momen atau kesempatan yang sangat tepat untuk kita dapat membagikan suatu informasi kepada orang-orang. Pembicara yang baik bukan hanya sekedar menyampaikan informasi, tetapi dia dapat menyalurkan energi dan emosinya kepada para penonton. Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjadi pembicara yang baik. Oleh karena itu saya akan membagikan 7 Tips Sukses Public Speaking Yang Baik Dan Benar agar kamu bisa jadi public speaker yang baik.

1. Know Your Audience

Inilah tips pertama yang paling penting. Sebelum kita memulai public speaking, kita harus mengenali dulu siapa audience kita. Apakah mereka anak-anak, remaja, atau dewasa karena berbicara di depan anak muda sangat berbeda dengan berbicara di depan orang dewasa. Selain itu kita perlu tau usia mereka, tingkat pendidikan, proporsi pria dan wanita, hingga minat mereka. Mengetahui audience dengan baik membuat kita lebih siap karena kita bisa membuat materi yang sesuai dengan audience kita.

2. Ngobrol dengan peserta

Supaya tidak grogi sebelum naik panggung, maka ada tips praktis yang bisa digunakan yaitu kita bisa ngobrol atau chit-chat dulu dengan peserta. Ini berguna untuk menghangatkan pita suara agar kita bisa tampil maksimal ketika sudah berada di atas panggung dan agar lebih akrab dengan audience.

3. Rehearse, Rehearse, Rehearse

Biasakan untuk melakukan rehearse atau latihan gladi resik dulu sebelum tampil. Jadi biasanya di sebuah ruang kosong, saya sering melakukan simulasi seolah-olah saya sedang berbicara di depan banyak orang. Cara ini sangat efektif agar kita semakin terbiasa berbicara di depan umum dan menjadi pembicara yang handal.

4. Melakukan visualisasi keberhasilan

Pembicara yang baik membuat visualisasi atau membayangkan bahwa presentasi yang mereka sampaikan di depan umum berhasil dengan baik bahkan mendapatkan standing applause dari penonton. Visualisasi ini dapat meningkatkan kepercayaan diri saat kita tampil di depan umum.

5. Berinteraksi dengan audience

Semua orang lebih senang terlibat secara langsung dibandingkan hanya sekedar mendengar pembicaraan yang pastinya membosankan. Karena itulah saat kita berbicara di depan umum, pastikan kita melempar pertanyaan ke audience, membuat games kecil-kecilan, dan ice breaking. Cara-cara itu bisa menjadi efektif untuk menarik perhatian audience jika materi yang kita bawakan sedikit membosankan.

6. Membangun Sugesti Positif

Alam bawah sadar dapat dianalogikan sebagai sebuah kebun yang subur. Apapun yang ditanam di atasnya dengan pesat dapat mempengaruhi hidup kita secara signifikan. Karena itu sangat penting untuk menanamkan hal-hal positif pada alam bawah sadar kita. Caranya adalah dengan memberikan sugesti positif pada diri kita sendiri agar kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan. Semakin kuat sugesti tersebut maka sugesti pribadi akan menyentuh alam bawah sadar. Tanpa disadari, tindakan yang kita lakukan setiap hari membawa kita semakin dekat pada keinginan tersebut. Karena itulah jika ingin menjadi public speaker yang baik, maka kita harus mensugesti pikiran bawah sadar agar kita bisa mewujudkan impian kita menjadi public speaker yang baik.

7. Penutupan yang bermakna

Di akhir pidato, pikirkanlah sebuah penutupan yang bermakna bagi penonton. Sebuah kutipan juga bisa menjadi penutupan public speaking yang bermakna. Berikan rangkuman yang singkat dan tegas disertai sebuah himbauan untuk tindak lanjut dari materi yang telah kamu sampaikan sehingga penonton pun bisa mengambil manfaat dari materi yang disampaikan. Kita juga bisa menggunakan pertanyaan penutup seperti misalnya,”Jadi coba pikirkanlah apa yang bisa anda berikan agar hidup anda bermanfaat bagi orang lain”

Demikianlah 7 Tips Sukses Public Speaking Yang Baik Dan Benar dari saya. Intinya teruslah berlatih untuk berbicara di depan umum dan percayalah bahwa semua orang bisa menjadi public speaker yang handal siapapun orangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *