NLP untuk bisnis

Apa Itu NLP?

apa itu nlp
apa itu nlp

Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata NLP. Apa itu NLP? Yang jelas bukan nama makanan ya guys hehe. Jadi NLP itu adalah ilmu yang mempelajari cara memaksimalkan potensi otak sehingga manusia bisa mendapatkan hasil yang mengagumkan. Metode-metode yang didapat kemudian bisa diajarkan pada orang-orang atau suatu organisasi  sehingga mereka dapat mendapatkan hasil dengan tingkat yang sama. Dalam NLP, Proses ini dinamakan modelling

Untuk membuat model, NLP mempelajari cara menyusun pengalaman subjektif, cara kita memikirkan nilai-nilai dan kepercayaan, cara menciptakan kondisi emosi yang diinginkan, dan cara kita membentuk dunia internal di dalam diri kita melalui pengalaman dan pemberian makna. Setiap kejadian tidak memiliki makna, kitalah yang memberikan makna pada suatu kejadian dan orang lain mungkin akan memberi makna yang berbeda pada suatu kejadian yang sama.

NLP dimulai dengan mempelajari komunikator terbaik dan telah berubah menjadi pelajaran komunikasi antar manusia yang sangat sistematis. NLP telah berkembang dengan bertambahnya berbagai sarana dan metode praktis yang dihasilkan dari proses modelling orang-orang sukses. Sarana-sarana ini digunakan secara internasional dalam berbagai macam bidang yakni bidang bisnis, marketing, olahraga, traning, hukum, pendidikan dan lain-lain. Akan tetapi, NLP lebih dari sekedar kumpulan teknik. NLP juga adalah cara berpikir, bentuk pemikiran yang didasarkan pada keingintahuan, eksplorasi, dan kesenangan.

Nama Neuro Linguistic Programming berasal dari penggabungan 3 bidang

  • Neuro : Pikiran dan bagaimana kita berpikir
  • Linguistics : Bagaimana kita menggunakan bahasa dan apa efeknya terhadap kita
  • Programming : Bagaimana kita menyusun aksi untuk mencapai outcome (tujuan) kita

Berikut ini ada beberapa definisi NLP yang bisa menjadi petunjuk agar kita lebih memahami NLP :

  • NLP adalah ilmu yang mempelajari struktur dari pengalaman subjektif
  • NLP adalah apapun yang efektif (Robert Dilts)
  • NLP adalah sebuah sikap dan metodologi yang meninggalkan jejak berbagai teknik (Richard Bandler)
  • NLP adalah strategi mempercepat proses belajar (accelerated learning strategy), mendeteksi, dan memanfaatkan berbagai pola yang ada di dunia (John Grinder)
  • NLP adalah pengembalian epistemology pada apa yang telah hilang dari kita, sebuah berkah (John Grinder)
  • NLP adalah metode untuk memodelkan keunggulan sehingga itu bisa ditiru
  • NLP adalah pengaruh bahasa terhadap pikiran dan tindakan kita
  • NLP adalah pelajaran sistematis dari komunikasi antar manusia

Agar kita lebih mudah memahami NLP, coba simak kisah di bawah ini

Seorang Bocah bertanya pada bapaknya,”Pak, apa itu NLP?”

Bapaknya menjawab,”Nanti akan bapak beritahu, tapi terlebih dahulu kamu harus melakukan sesuatu agar kamu bisa memahaminya. Kamu lihat kakekmu yang duduk di kursi itu?”

“Ya” Jawab si bocah.

Coba dekati dan tanyakan mengenai rematiknya hari ini

Sang bocah pun mendekati kakeknya dan bertanya,”Kek, bagaimana rematik kakek hari ini?”

“Oh sakit sekali nak”, jawab sang kakek. Cuaca yang dingin ini membuat rematik kakek semakin kumat. Kakek bahkan sulit untuk menggerakkan jari.” Nampak kesakitan terlintas di wajahnya.

Sang bocah kembali pada bapaknya. “Kata kakek rematiknya kumat. Aku rasa itu menyakitinya. Apa bapak mau memberitahu aku apa itu NLP?”

“Sebentar lagi nak, bapak janji”, jawab bapaknya. Sekarang pergilah dan tanyakan pada kakek hal terlucu apa yang pernah kamu lakukan sewaktu kamu masih kecil”

Bocah itu pun mendatangi kakeknya dan bertanya,”Kakek, hal terlucu apa yang pernah aku lakukan sewaktu aku masih sangat kecil?”

Wajah sang kakek mendadak cerah.”Oh”, dia tersenyum,” Ada banyak. Pernah suatu hari kamu dan teman-temanmu berpura-pura berdandan sebagai Sinterklas dan menaburkan bedak ke seluruh kamar mandi seolah itu salju. Kakek tertawa, tapi kemudian kakek harus membersihkannya.” Sang kakek memandang kejauhan sambil tersenyum.

“Kemudian ada saat dimana ketika kakek membawamu jalan-jalan. Hari itu sangat cerah dan kamu menyanyikan lagu taman kanak-kanak yang pernah kamu dengar. Seorang pria lewat dan menatapmu dengan kesal. Dia menganggap kamu terlalu berisik. Dia meminta kakek untuk menyuruhmu diam. Kamu berbalik dan mengatakan padanya,”Jika kakak tidak suka mendengar aku bernyanyi, kakak boleh pergi saja!” Kamu pun terus bernyanyi dengan suara yang lebih keras. Sang kakek tertawa kecil.

Sang bocah kembali mendatangi bapaknya.”Bapak sudah dengar kan apa yang dikatakan kakek?, dia bertanya.

“Ya”, bapaknya menjawab. “Kamu mengubah perasaannya hanya dengan beberapa kata, itulah yang dimaksud NLP.”

 

Nah itulah pengertian NLP yang sudah kita bahas bersama. Semoga semakin menambah wawasan kamu tentang NLP. Silakan share jika kamu merasa artikel ini bermanfaat. Terima kasih sebelumnya.

 

Leave a Reply