Internet Marketing, Tips Ngeblog, Tips SEO

Apa Sih Perbedaan Backlink Dofollow Dan Nofollow?

blog dofollow indonesia
blog dofollow dan nofollow

Di postingan sebelumnya, kita sudah membahas pengertian backlink dalam SEO. Sekarang kita bakal bahas macam-macam backlink. Jadi backlink ada 2 jenis yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow. Perbedaan yang paling mencolok dari link dofollow dan nofollow ini adalah dari kemampuan meneruskan poin halaman. Halaman yang nofollow tidak akan meneruskan poin halaman kepada link halaman yang dirujuknya sedangkan halaman yang dofollow akan meneruskan poin halaman kepada halaman yang dirujuknya. Jadi backlink nofollow tidak meneruskan poin halaman, sedangkan backlink dofollow itu meneruskan poin halaman. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk kita lihat perbedaan backlink dofollow dan nofollow berikut ini

Backlink Dofollow

Apa itu backlink dofollow? Dari segi bahasa, dofollow terdiri dari dua kata yakni do dan follow. Do disini berarti melakukan sesuatu dan follow berarti mengikuti. Artinya melakukan sesuatu dengan mengikuti. Jika ada link keluar secara dofollow di suatu website, artinya blog tersebut mengikuti link yang tertaut di website tersebut. Ketika google melakukan pencarian, google bot akan mengindeks link tersebut sampai ke intinya.

Backlink Nofollow

Nofollow terdiri dari 2 kata yakni No dan Follow. No Follow artinya tidak mengikuti. Jika ada link di dalam blog yang dipasang secara nofollow, maka saat google melakukan crawl atau perayapan, link itu tidak akan diindex oleh mesin pencari sama sekali. Untuk lebih jelasnya, silakan tonton video dari Neil Patel tentang perbedaan backlink dofollow dan nofollow yang ada di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Blog Dofollow Dan Nofollow

Blog Yang Dofollow Maupun Nofollow Memiliki Kelebihan Dan Kekurangan Masing-masing. Salah satu blog dofollow adalah pengunjung blog akan ramai walaupun kamu jarang update artikel. Ini adalah cara yang bagus jika kamu ingin banyak orang berkomentar pada blog kamu. Namun kekurangannya lebih banyak daripada blog yang nofollow karena akan banyak sekali komentar pada blog kamu tetapi itu adalah spam. Link keluar juga akan sangat banyak sekali sehingga harus butuh banyak backlink untuk mengoptimasi page kamu. Kebanyakan link keluar juga kurang disukai google.

Sekarang kita akan bahas blog nofollow. Blog nofollow lebih disukai oleh google sehingga jika kamu merangking keyword, keyword kamu akan ditampilkan di peringkat tertinggi walaupun masih tergantung pada kemampuan kompetitor kamu. Dengan cara ini, kamu akan bisa mendapat traffic lebih dari search engine.

Blog Nofollow juga pastinya lebih aman dari komentar spam yang hanya bertujuan mencari backlink sehingga ini jadi pilihan yang bagus dalam SEO. Blog nofollow memiliki external link dan internal link yang lebih stabil sehingga terhindar dari google penalty atau hukuman google.

Sayangnya selain memiliki banyak keuntungan, blog no follow juga memiliki banyak kekurangan seperti misalnya pengunjung tidak seramai blog dofollow sehingga jarang ada user yang berkomentar. Kalaupun ada mungkin karena artikel dirasa sangat bermanfaat menurut pengomentar.

Nah itulah perbedaan backlink dofollow dan nofollow. Jadi kamu akan memilih yang mana? Blog dofollow atau nofollow? Komen di bawah artikel ini ya guys.

 

 

5 thoughts on “Apa Sih Perbedaan Backlink Dofollow Dan Nofollow?”

Leave a Reply